Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Sabtu, 01 Januari 2022

PROFIL PONDOK PESANTREN QUDSIYYAH PUTRI

 


 

A.     KELEMBAGAAN

1

Nama Pesantren

Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri

2

Alamat

Jl. Lambao No. 1 Singocandi Kota Kudus

3

No. Statistik

-

4

Tahun didirikan

2017

5

Tahun beroperasi

2017

6

Penyelenggara

Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah Menara Kudus (YAPIQ)  

7

Status Tanah

Waqaf

8

Luas tanah

± 6.510 m²

9

Nomor HM Waqaf

HM. 01,02,03,04,05,06

10

Nama pimpinan

Muhammad Isbah Kholili, M.Pd.

 

B.      DASAR, VISI, DAN MISI

1.       Dasar

Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri berdasarkan Islam dan Pancasila. Dengan dasar Islam dimaksudkan bahwa Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri diadakan, diselenggrakan dan dikembangkan berangkat (point of depture) dari ajaran Islam, proses pengelolaannya secara Islami dan menuju apa yang diidealkan oleh pendidikan yang islami.

Dengan dasar pancasila dimaksudkan bahwa Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri diselenggarakan, dikembangkan dan diamalkan dalam wacana Pancasila sebagai landasan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga Indonesia

2.       Visi

“Menjadi Pondok Pesantren Terbaik di Kudus Yang Mampu Melahirkan Putri Sholihah Berkarakter Qur’ani, Berjiwa Salaf, dan Mandiri"

3.       Misi

Seiring dengan visi di atas, maka misi Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri adalah :

a.     Mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul, kompetitif, dan berdaya saing.

b.    Mencetak generasi Qur’ani yang mandiri, berjiwa pemimpin, cerdas, dan berwawasan luas serta menjadikan Al Qur’an sebagai akhlak sehari-hari.

c.     Mencetak generasi yang paham kitab-kitab salaf serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan modern.

 

C.      SEJARAH PONDOK PESANTREN

Sampai saat ini, pesantren tetap menjadi warisan sekaligus kekayaaan budaya dan intelektual Nusantara. Bahkan, dalam beberapa aspek tertentu, pesantren dapat dipahami sebagai benteng pertahanan terhadap kebudayaan itu sendiri, karena peran sejarah yang dibuktikannya.

Harapan dimaksud, tentunya sangat mendorong pada penguatan dan konstruk budaya yang telah digariskan oleh para pendirinya. Hal pokok yang menjadi konsen pesantren adalah sebagai pusat pengembangan ilmu dan kebudayaan yang berdimensi relijius dan motor penggerak transformasi bagi masyarakat dan bangsanya.

Sejarah telah membuktikan bahwa konsistensi pesantren terhadap manhaj al-fikr al-salafy (metode berfikir sesuai nilai-nilai salaf) telah menjadikannya mampu bertahan dari segala deraan dan tantangan zaman. Pesantren dapat bertahan dengan tegar ketika sistem pendidikan yang lain hanya sibuk mengurusi politik dan birokrasi. Demikian pula, pesantren juga tetap hidup dengan moderasi dan toleransinya ketika muncul lembaga Islam lain yang justru mengarahkan peserta didiknya untuk tidak toleran terhadap ummat lain.

Di tengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan segala efek positif dan negatifnya, keniscayaan manusia masa depan yang tetap beriman dan bertaqwa di satu sisi dan menjadi manusia yang cerdas, terampil, mandiri serta sanggup berkompetisi dengan yang lain pada sisi lainnya merupakan obsesi dan cita-cita yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu, generasi masa depan harus dipersiapkan untuk mampu bertahan, bersaing dan memiliki kualitas serta mumpuni dalam bidang tertentu. Jika tidak, mereka akan terkooptasi oleh arus globalisasi dan modernisasi.

Untuk mewujudkan idealitas tersebut perlu dibangun kekuatan pribadi-pribadi yang menjadi cikal bakal keluarga dan masyarakat. Mengingat pembangunan bangsa memerlukan individu dalam keluarga dan masyarakat yang shalih, yang layak memikul amanah yang dibebankan kepadanya, maka pembangunan pribadi menjadi sesuatu yang niscaya. Dan untuk mencapai harapan tersebut perlu adanya upaya serius dan bertanggung jawab karena ia adalah alat masyarakat yang terpenting dalam melaksanakan tugas sosial demi kepentingan dan tujuan bersama, memperkuat peradaban insani dan menegakkan nilai-nilai kebenaran.

Keshalihan pribadi lahir dari ketaqwaan yang bersifat individual sedangkan keshalihan masyarakat lahir dari ketaqwaan yang bersifat kolektif. Mereka secara bersama-sama memiliki kesadaran sejarah, kesadaran tentang fakta sosial dan kesadaran tentang keharusan melakukan perubahan sebagai perwujudan kewajibannya sebagai makhluk moral dalam melaksanakan misi otentiknya, yaitu membangun peradaban.

Madrasah Qudsiyyah merupakan salah satu madrasah salaf di Kudus yang didirikan oleh KH. R. Asnawi, salah satu ulama pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama keturunan Sayyid Ja'far Shodiq Sunan Kudus.

Pada usianya yang ke 100 tahun, Lembaga Pendidikan Qudsiyyyah membuka unit pendidikan baru, yakni Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri dan Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri. Akhirnya, pada Sabtu Legi, 21 Syawal 1438 H bertepatan dengan 14 Juli 2017 TU Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Menara Kudus berdiri dan diresmikan oleh Nadhir Qudsiyyah, KH. Sya’roni Achmadi dan Mustasyar PBNU KH. Maimoen Zubair. 

Adapun lokasinya berada di Jl. Lambao No. 1 Singocandi Kota Kudus.

Program pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri meliputi :

1. Program Tahfidz (Al-Qur’an)

    Target hafalan 5 Juz per tahun

2. Program Kitab (Alfiyyah)

    Target hafalan 200 bait per tahun

 

D.     LETAK GEOGRAFIS

Lokasi Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus sangat strategis dipandang dari salah satu faktor pendidikan, yaitu lingkungan yang representatif, aman dan jauh dari keributan dan kebisingan seperti halnya di kota, madrasah ini terletak jauh dari keramaian kota, kurang lebih 6 km dari kabupaten tepatnya lokasi Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus berada di Desa Singocandi Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus dibangun di atas struktur tanah yang kuat sehingga aman dari terjadinya longsor dan terhindar dari gunung merapi, karena terletak di dataran rendah yang hijau dari pohon-pohon rindang. Lokasi Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus dekat dengan area persawahan dan sumber air masih sangat banyak sehingga sangat tepat untuk dijadikan pusat pendidikan.

Dalam sejarahnya lokasi Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus belum pernah mengalami terjadi bencana  alam lainnya seperti gempa bumi, angin puting beliung, letusan gunung merapi, dan kebakaran hutan, karena itu lokasi Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Kudus sangat representatif dan kondusif untuk dijadikan tempat belajar bagi masyarakat sekitarnya.

 

E.      ORIENTASI DAN TUJUAN

a.       Terwujudnya pesantren sebagai pusat studi ilmu salaf dan kontemporer 

b.       Tumbuh dan berkembangnya generasi yang qur’ani dan berjiwa salaf yang mempunyai pemahaman utuh terhadap khazanah klasik yang mempunyai kesalehan ritual dan sosial.

c.       Terbentuknya peradaban Islam yang komprehensif, universal, egaliter, kontekstualis, dinamis dan organis

 

F.      ORGANISASI PONDOK PESANTREN QUDSIYYAH PUTRI

1.       Struktur

Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah Menara Kudus (YAPIQ). Adapun struktur kelembagaan Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri adalah sebagai berikut:

 

Pelindung                         :    Ketua YAPIQ

                                            (Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah)

Penasehat                         :    KH. Nur Halim Ma’ruf

                                             KH. Fathur Rahman

                                             KH. Sugiharto

Pengasuh                         :    M. Isbah Kholili, M.Pd.

Wakil                               :    M. Khothibul Umam, S.Pd.I

Kepala TU                       :    Fahrun Ni’am, SE.

Bendahara                        :    Dzikri Fauqi Agbas

Ka. Bag. Koperasi            :    Noor Huda

Ka. Bag. Dapur                :    Noor Idlokh, S.Pd.I

Ka. Bag. Kebersihan         : Joko Purnomo

Ka. Bag. Media                : Ali Ridlo

 

2.       Tenaga Pengajar

Secara kurikuler tenaga pengajar di Lembaga ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu :

a.       Al-Mudarrisun/Al-Mudarrisat, yaitu beberapa tenaga pengajar yang secara rutin memberikan pembelajaran dengan jadwal dan mata pelajaran yang telah ditentukan.

b.       Al-Musyrifat/Pembina Kamar,  yaitu beberapa tenaga pengajar yang bertugas sebagai pendamping harian, dengan mengawasi dan membimbing santri secara intensif.

Dalam proses rekrutmen tenaga edukatif (ustadz), ada dua hal yang dilakukan, yaitu :

a.       Ada rekomendasi kelayakan dari pengurus.

b.       Ujian/tes kelayakan secara tidak langsung melalui seminar/diskusi.

 

3.       Peserta Didik

a.       Standar Input

Peserta didik Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri harus memiliki kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata (above average ability); mempunyai kreativitas (creativity); dan berkomitmen terhadap tugas (task commitment) dengan kualifikasi hafal juz amma dan mampu menulis pegon

b.       Standar Output

Standart output Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri adalah hafal Al Qur’an dan Alfiyyah serta menguasai kitab salaf/kuning. Dengan standart ini, alumni Pondok Pesantren Qudsiyyah Putriakan memiliki validitas hafalan dan bacaan dengan perspektif yang khas terhadap peradaban yang ada disekitarnya.

c.       Rekrutmen

Pendaftaran Peserta didik (santri) Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri dilakukan setiap tahun ajaran sesuai kalender Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah (YAPIQ). Penerimaan santri baru Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri melalui dua tahapan, yaitu pendaftaran minat-bakat dan seleksi.

4.       Keadaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

No

Pendidik/Tendik

Jumlah

1.     

Pengasuh

1

2.     

Guru Kitab

18

3.     

Guru Tahfidz

15

4.     

TU

3

 

JUMLAH

37

 

5.       Keadaan Santri

No

Kelas

Jumlah Santri

1.     

Kelas 1

198

2.     

Kelas 2

183

3.     

Kelas 3

153

4.     

Kelas 4

42

5.     

Kelas 5

34

 

JUMLAH

610

 

 

G.     PROSES PENYELENGGARAN PENDIDIKAN

1.                          Kurikulum

Kurikulum Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri adalah seperangkat rencana pendidikan yang berisi cita-cita pendidikan yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar. Kurikulum Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri mencerminkan integrasi agama dan umum yang diperkaya dengan kekhasan yang efektif dan fungsional dengan visi dan misi Yayasan Islam Qudsiyyah. Komponennya mencakup empat ranah, yaitu: kognitif, afektif, psikomotorik, dan intuitif.

2.                          Jenis, Aktifitas Pembelajaran, dan Metode Pengajaran

Untuk mencapai misi dan tujuan yang telah ditetapkan, maka pelaksanaan perkuliahan di Pondok Pesantren Qudsiyyah, di-manage dengan memadukan antara metode tradisional pesantren dan metode perkuliahan akademik dengan mengintegralkan aspek-aspek proses pendidikan.

a.       Jenis Pendidikan Pondok Pesantren Qudsiyyah

Jenis Pendidikan Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri adalah pendidikan non formal.

b.       Aktifitas Pembelajaran

Sebagai lembaga kaderisasi, aktifitas pembelajaran berlangsung 24 jam, mulai pagi, sore hingga malam hari. Aktifitas pendidikan pada pagi hari berbentuk sekolah, aktifitas sore dan malam berbentuk sorogan dan musyawaroh. Sistem yang dipakai adalah sistem ceramah, diskusi dan penugasan. 

c.       Metode Pengajaran

Metode pembelajaran Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri diarahkan pada sistem setoran hafalan, murojaah, dan persiapan hafalan (program tahfidz) dan sistem setoran hafalan, ngaji bin nadhor, pembelajaran kitab salaf, serta persiapan hafalan (program kitab)

3.                      Jadwal Pembelajaran

Waktu

Program Tahfidz

Program Kitab

05.00 - 06.00

07.00 - 13.30

16.00 - 17.00

18.00 - 19.00

20.00 - 21.00

21.00 - 21.30

Setoran al-Qur’an

KBM Madrasah

Muroja’ah al-Qur’an

Ngaji Kitab

Belajar bersama

Hafalan al-Qur’an

Setoran alfiyyah

KBM Madrasah

Pendalaman materi

Ngaji Kitab

Belajar bersama

Hafalan alfiyyah

 

4.                          Kegiatan Harian

04.00  Sholat tahajud dan pembacaan aurod

04.30  Sholat qobliyyah subuh dan sholat subuh

05.00  Setoran al-Qur’an (Tahfidz), alfiyah (Kitab)

06.00  Mandi dan sarapan

07.00  Sekolah

13.30  Makan siang

14.00  Ekstrakurikuler madrasah

15.00  Istirahat

15.30  Sholat qobliyyah ashar dan sholat ashar

16.00  Muroja’ah al-Qur’an / Pendalaman materi

17.00  Istirahat

17.30  Sholat maghrib dan ba’diyyah maghrib

18.00  Ngaji Kitab

19.00  Sholat qobliyyah, Isya’ dan ba’diyyah

19.30  Makan malam

20.00  Belajar bersama

21.00  Hafalan al-Qur’an / alfiyyah

21.30  Tidur      

 Kebebasan Akademik dan Otonomi Keilmuan

Kebebasan akademik merupakan kebebasan yang dimiliki oleh civitas academika Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri untuk secara mandiri bertanggung jawab dan bermoral dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran yang terkait dengan penggalian dan pemahaman  ilmu-ilmu keislaman.

Otonomi keilmuan adalah kegiatan keilmuan yang berpedoman pada norma dan kaidah agama serta ilmu pengetahuan yang mencakup keterbukaan, bertanggung jawab, kesepenuhan hati, dan rahmat bagi semesta alam yang harus ditaati oleh civitas academika Pondok Pesantren Qudsiyyah.

 

H.     PEMBIAYAAN DAN OTONOMI PENGELOLAAN

Sumber Keuangan (financial resource) untuk pendanaan program-program Pondok Pesantren Qudsiyyah Putridiperoleh dari Anggaran Belanja Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah (YAPIQ), IKAQ, Bantuan Pemerintah pusat maupun daerah, dan bantuan lain yang tidak mengikat.

 

I.        PROGRAM KERJA

Penyusunan dan pelaksanaan program kerja Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :

1.     Program Kerja Reguler

Program kerja reguler adalah program kerja yang dilakukan secara berkala setiap tahun, meliputi:

a.   Seleksi dan Penerimaan dan Peserta didik Pondok Pesantren Qudsiyyah

b.  Penugasan (penjadwalan) tenaga pengajar

Penjadwalan tenaga pengajar disesuaikan dengan kebutuhan materi yang diajarkan pada tiap-tiap semester dengan mengacu pada kurikulum yang ditetapkan.

c.    Penyusunan Kurikulum dan Referensi

d.   Proses Pembelajaran

e.    Evaluasi

Evaluasi sebagai sarana penilaian dan laporan hasil pembelajaran Pondok Pesantren Qudsiyyah Putridilakukan setiap satu semester dengan dua metode, yakni ujian tulis dan ujian lisan.

Sedangkan kriteria kelulusan pada ujian akhir meliputi:

a.       Penguasaan materi-materi pokok minimal 80 %.

b.  Mempunya integritas sebagai santri yang saleh. 

 

2.     Program Kerja non-Reguler

Progran kerja non-reguler adalah program kerja yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan santri (social student demand), sebagai penunjang kemampuan dan skill santri. Secara garis besar digolongkan menjadi :

1.  Seminar

2.  Pelatihan

 

J.        ORGANISASI SANTRI

Semangat wa ma arsalnaka illa rahmatan lil ‘alamin (dalam dimensi sosial) dan inama bu’itstu li utammima makarimal akhlaq (dalam dimensi individu) menjadi landasan pemikiran strategis bagi pengembangan lembaga Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri dan untuk memberikan pengalaman dan keterampilan serta kreativitas santri.

Oleh karena itu, santri yang memiliki dimensi keilmuan di satu sisi dan dimensi pergerakan di sisi lain menjadi suatu cita ideal. Persona yang ideal itu dapat maju bergerak menjadi pemimpin yang dengan teguh mengindahkan norma-norma agama dan nilai-nilai universal di kala degradasi moral menjadi trends para pemimpin.

1.     Sasaran Organisasi

Organisasi santri Pondok Pesantren Qudsiyyah, dibentuk untuk mencapai sasaran di bidang Penalaran dan keilmuan, Minat dan Bakat, keorganisasian, penerbitan, penelitian dan Pengabdian Masyarakat

2.     Bentuk Organisasi

Organisasi santri merupakan kelengkapan lembaga sebagai sarana untuk pengembangan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta intregitas kebibadian santri. Kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini bersifat ekstra-kurikuler.

SUSUNAN PENGURUS

IKATAN SANTRI QUDSIYYAH PUTRI (ISQi)

PERIODE 2021-2022

 

Pelindung                  :    Drs. Em. Nadjib Hassan

                                      (YAPIQ)

                                      KH. Nur Halim Ma’ruf

                                      (Al Mudirul ‘Am)

Penasehat                  :    M. Isbah Kholili, M.Pd.

                                      (Pengasuh)

Pembina                    :    1. Masfufatul Lailiyah

                                      2. Nailis Sa’adah

                                      3. Mu’alifatus Solihah

                                      4. Nailil Fauziyah

                                      5. Bunga Ifatun Nisa

                                      6. Fitroh Nor Hanik

                                      7. Aswinatul Fajriyah

 

Ketua                        :    Laela Nabila

Wakil Ketua I            :    Ifatul Hikmiah

Wakil Ketua II           :    Neila Ezri Millah

Wakil Ketua III         :    Zuhaida Fatinatul L

Wakil Ketua IV         :    Risydatul Himmah

Wakil Ketua V          :    Jihan Mazaya Alya R

Sekretaris                  :    Luqita Malikul Haq

Wakil Sekretaris I      :    Laili Maulida Nur R

Wakil Sekretaris II     :    Istafada Mahdalina

Wakil Sekretaris III   :    Saroina Atmim Nurona

Wakil Sekretaris IV   :    Lintang Aurelia ZP

Wakil Sekretaris V    :    Khumaeroh Izzatin Nisa’

Bendahara                 :    Adellia Putri WP

Wakil Bendahara I     :    Musthofiatur Rochmah

Wakil Bendahara II    :    Dewi Fathonah

Wakil Bendahara III  :    Kana Nilna Janatin Alfafa

Wakil Bendahara IV  :    Nur Maziyah

Wakil Bendahara V   :    Revada Elya Rohmah

Departemen

1.       Pendidikan          :    Endang Sulasih

                                Umniyya Mumtaza

                                Zulfa Kamalia

                                Hanifa Azkiya Mumtaza

                                Natasya Azzahra LV

                                Syifa Aulia

                                Andini Putri Ayu Lestari

                                Desi Natalia Diah Lestari

                                Nurul Uyun

                                Naili Ulya Rusyda

2.       Ibadah                 :    Izza Jamilatun Shofro'

                                Durrotun Nadzifah

                                Siti Faridhotul Aulia

                                Arina Mutiara Dewi

                                Elyvia Tutut Herowati

                                Yara Maliha Amna

                                Hanun Huwaidaul Yumni

                                Himmatul ‘Aliyah

                                Mustadirotus Saidah

3.       Kesehatan           :    Asti Yulianawati

                                Shoni’a Movida Salma

                                Siti Izzatul Kafiyah

                                Adinda Revalina NAP

                                Amalia Khoirun Nisa

                                Dzia Fahira Az Zahra

                                Azifa Ramadina

                                Naura Athiyya

                                Anisa Kamila Febriyani

4.       Kebersihan          :    Alifiya Salsabilla

                                Nayla Diestra Wahyunda

                                Refa Khoirunnisa

                                Nabilla Nur Fitriana

                                Sofwatul Mala Sofiana

                                Wahidatul Muna Fajriyah

                                Nurul Maulida

                                Ignes Anindya Khansa

                                Silviyana Rohmatun N

 

5.       Keamanan           :    Shinta Husniya Aqla

                                Nur Indah Ramadhani

                                Niswatul Maghfiroh

                                Nikhayatun Nikmah

                                Nafisa Choirin Nida

                                Pranada Miladiena M

                                Amilia Yusnanta

                                Nabila Fairuz Sania

                                Razita Ajeng Filza A

 

K.     LOKASI PONDOK PESANTREN

Kantor Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri berlokasi di Jl. Lambao no.1, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Adapun bangunan Pondok Pesantren menempati tanah Hak Milik Wakaf Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah Menara Kudus dengan ukuran luas + 2500 meter persegi.

 

L.      SARANA PRASARANA

NO

SARANA

JUMLAH

1

Asrama/gedung

1 gedung

2

Aula/Musholla

1 buah

3

Ruang Pembelajaran

19 ruang

4

Kamar Santri

19 ruang

5

Kamar Tamu

1 ruang

6

Rumah Pengasuh

1 buah

7

Ruang Makan/Dapur

1 buah

8

Kantor

1 buah

9

Kamar Mandi

102 buah

10

Koperasi/Toko

1 buah

11

Kamar Pembina

1 buah

12

Laboratorium komputer

1 buah

 

M.    DAFTAR GURU DAN KARYAWAN

  DATA GURU DAN KARYAWAN

        PONDOK PESSANTREN QUDSIYYAH PUTRI

        TAHUN PELAJARAN 2020-2021

NO.

NAMA

JABATAN

PEND

1

M. Isbah Kholili, M.Pd

Pengasuh

S.2

2

M. Khothibul Umam, S.Pd.I

Wakil Pengasuh

S.1

3

H. Sholihul Hadi

Guru Kitab

S.1

4

Miftahur Rohman, M.Pd

Guru Kitab

S.2

5

Nailin Nafisah, S.Pd.

Guru Kitab

S.1

6

Siti Umi Efadhotul Hasanah

Guru Kitab

Ponpes

7

M. Ihdal Umam

Guru Kitab

S.1

8

Khoirul Khuluq, M.Pd.

Guru Kitab

S.2

9

Muhammad Thoriq

Guru Kitab

Ponpes

10

Istiqomah, S.Pd.

Guru Kitab

S.1

11

Aulia Zumrotul Chusna

Guru Tahfidz

Ponpes

12

Zumrotul Hidayah

Guru Tahfidz

Ponpes

13

Hj. Zubaidah

Guru Tahfidz

Ponpes

14

Diyah Zulfa Jauharo

Guru Tahfidz

Ponpes

15

Ulil Basyiroh

Guru Tahfidz

S.1

16

Annisa Tri Wahyuni

Guru Tahfidz

Ponpes

17

Tetik Nor Mila

Guru Tahfidz

Ponpes

18

Nur Yatun

Guru Tahfidz

Ponpes

19

Nailul Hasanah

Guru Tahfidz

Ponpes

20

Rofiqul Ghofiroh

Guru Tahfidz

Ponpes

21

Izzatul Millah

Guru Tahfidz

Ponpes

22

Fitroh Nor Hanik

Guru Tahfidz

Ponpes

23

Nisrina Primadika

Guru Kitab

S.1

24

Amrita Syifa'

Guru Kitab

S.1

25

Masfufatul Lailiyah

Guru Kitab

S.1

26

Yeni Fitria

Guru Kitab

S.1

27

Nita Nurul Hidayah

Guru Kitab

S.1

28

Tria Artanti Mardiana

Guru Kitab

S.1

29

Nailis Sa'adah

Guru Kitab

S.1

30

Alfiyatur Rohmah

Guru Kitab

S.1

31

Faroidus Saniyah

Guru Tahfidz

S.1

32

Aswinatul Fajriyah

Guru Tahfidz

S.1

33

Siti Fadhilah

Guru Tahfidz

S.1

34

Dzikri Fauqi Agbas

Bendahara

Ponpes

35

Noor Huda

Man. Koperasi

MA

36

Noor Idlokh, S.Pd.I

Man. Dapur

S.1

37

Fahrun Ni'am, SE.

Kepala TU

S.1

38

Noor Chusain Oktavian

Staff TU

MA

39

M. Ali Ridlo

Staff TU

Ponpes

40

Khoirul Abidin

Koperasi

MA

41

M. Syafiq

Koperasi

MA

42

Krestanti Anggraheni

Koperasi

MA

43

Eris Fanor Kurniawan

Koperasi

MA

44

Achmad Sulthoni

Koperasi

MA

45

M. Wafiq Khoiri

Satpam

MA

46

Anisur Rofiq

Satpam

MA

47

Shofyan Fathoni

Satpam

MA

48

Zulfa Arif

Satpam

MA

49

Ulul Albab

Kebersihan

MA

50

Joko Purnomo

Kebersihan

MA

51

Muhammad Syaikhu

Kebersihan

MA

52

Noor Budi Mulyono

Kebersihan

MA

53

Noor Hasanah

Tenaga Masak

MA

54

Ainul Hasanah

Tenaga Masak

MA

55

Rukinah

Tenaga Masak

MA

56

Rateni

Tenaga Masak

MA

57

Ngatmini

Tenaga Masak

MA

58

Kasminah

Tenaga Masak

MA

59

Sri Suharti

Tenaga Masak

MA

60

Endang Kustipah

Tenaga Masak

MA

61

Sri Ribut

Tenaga Masak

MA

 

N.     DAFTAR MATERI DAN KITAB PEGANGAN

NO

     Bidang Ilmu

Ula

Wustho

1.

2.

 

3.

4.

5.

6.

 

 

7.


8.

9.

10.

 

Fiqih

Nahwu

 


Tafsir

Hadis

Shorof

Akhlak

 

 

Tajwid


Tarikh

Tauhid

B. Inggris

Taqrib

Jurumiyyah/

Umrithi

Tafsir Jalalain

Bulughul Marom

Amsilatus Tasrifiyyah

Washoyal Aba’ lilabna’

 

Yanbu’a juz 6 dan 7

Khulasoh Nurul Yaqin

Nurudz Dzolam

Buku cetakan Qudsiyyah Putri

Fathul Qorib

Alfiyyah

 

Tafsir Jalalain

Almajalis Assaniyyah

-

Adabul Alim wal Muta’allim

 

-


Nurul Yaqin

Aswaja KH. Hasyim A

Buku cetakan Qudsiyyah Putri