Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Senin, 29 Agustus 2022

“Jejaki Akhir Bulan, Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Adakan Sambangan”

 

Kudus-Qudsiyyahputri.com- Sambangan merupakan salah satu tradisi paling membahagiakan di Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri. Agenda rutinan yang dilaksanakan setiap akhir bulan tersebut bertujuan untuk me-restock keperluan santri selama sebulan kedepan. Pada bulan Agustus lalu, sambangan berlangsung dari tanggal 25 - 28 Agustus 2022, bertepatan dengan 27 – 30 Muharram 1444 H.

                Sambangan tersebut sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi santri-santri kelas 7, yang mereka sambut dengan penuh antusias dan rasa tak sabar bertemu orangtua masing-masing. Akibatnya, sedikit kericuhan terjadi lantaran para santri kelas 7 tersebut terlalu antusias dan menolak untuk menanti jemputan dengan duduk diam di Mushalla. Santri-santri senior pun dikerahkan guna membantu menertibkan sambangan. Tak lupa segenap staff turun tangan pula mengatur jalannya sambangan agar tetap teratur.

                Untuk durasinya sendiri dibatasi hingga 4 jam untuk bulan ini, yakni dari pukul 15.00-19.00 WIB, dimana santri akan dibawa keluar oleh wali santri untuk kemudian diajak jalan-jalan berkeliling kota Kudus maupun berbelanja kebutuhan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Bagi santri yang terlambat kembali ke pondok, maka akan ada ‘takziran’ atau hukuman khusus yang akan diberikan oleh pembina BK Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri.

                Kendati demikian, selalu saja ada santri yang terlambat setiap bulannya. Tentu saja, mencari takziran adalah tujuan utama santri-santri tersebut.

        Mondok tanpa takziran tuh, ibarat kaya taman tak berbunga, hehe,” tutur Risydatul Himmah, salah satu santri Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri (29/08).