Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Kamis, 14 September 2023

PONPES QUDSIYYAH PUTRI ADAKAN RITUAL TAHUNAN "RABU WEKASAN"

 


    


   qudsiyyahputri.com- Kalian pasti tidak asing dengan sebutan rabu wekasan. Rabu wekasan adalah tradisi budaya yang dilakukan di hari rabu terakhir di bulan Safar yang dipercaya orang jawa sebagai hari datangnya sumber penyakit dan marabahaya. Nah di hari tersebut biasanya dilakukan amalan yang disebut tolak balak yang artinya menolak marabahaya. Diantara amalan tersebut adalah sholat sunnah, menbaca yasin, dan do’a tolak balak.

       Pada tanggal 13 september bertepatan pada 27 shafar Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri mengadakan amalan tolak balak yang dilaksanakan sesudah shalat maghrib sampai menjelang shalat isya’. Kegiatan tersebut berlangsung dengan khidmat dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri dan diikuti oleh seluruh santri.

        Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan shalat sunnah hajat 2 rakaat kemudian membaca surah yasiin dan diakhiri dengan pembacaan do’a tolak balak. Dengan diadakannya amalan ini, Pengasuh Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri berharap santri Qudsiyyah Putri dapat mengamalkan amaliyah NU dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menghindarkan dari marabahaya dengan izin Allah swt.