Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Minggu, 10 Desember 2023

Menjelang Liburan Akhir Semester Ganjil, Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri Adakan Majlis Sima’an Santri

 

 

     Majlis sima’an santri atau familiar dengan sebutan tasmi’an, merupakan salah satu ajang latihan santri dalam menjaga hafalanya agar tetap kuat dan terjaga. Pembina – pembina pun turut menghimbau para santri khususnya progam tahfidz untuk berpartisipasi. “Namun majlis sima’an ini hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan) bagi santri progam tahfidz”, ungkap salah satu Pembina tahfidz.

          Dari hasil pendataan sementara, ada sekitar 275 santri yang mendaftarkan diri kepada Pembina tahfidz masing – masing. H-1 sebelum majlis buka, beberapa dari 275 santri yang berhalanagn hadir dan akhirnya mengundurkan diri, “sehingga ada sekitar 260 santri yang ikut” tutur Pembina Departemen Pendidikan ISQi.

          Tepat pada 8 Desember 2023, Majlis Sima’an Santri telah dibuka langsung oleh pengasuh Ponpes Qudsiyyah Putri “Dengan mengucapkan Bismillahi rahmanirrahin Majlis Sima’an santri resmi saya buka” tutur beliau dalam acara pembukaan majlis. Ba’da dzuhur, pukul 14.30 para santri yang ikut serta dalam majlis yang diadakan 4 kali ini, mereka turut bersima’an dengan partner masing – masing. Uniknya, santri yang disemak harus berani menggunakan mix bergilir satu persatu sebanyak satu pojok “seneng sih seneng, karena ini yang pertama kalinya saya tasmi’an. Menantang? Ya jelas menantang karena, sima’annya harus pakek mix”, curhat santri kelas tahfizd A. Mengejutkannya, majlis ini diagendakan satu hari setelah santri melaksanakan ulangan sumatif madrasah “menurut saya sebaiknya tasmi’ diadakan pada jauh-jauh hari setelah ulangan madrasah, jadi lebih bisa mempersiapkan diri” imbuh santri kelas 11.

             Kegiatan ini tak berlangsung lama, 9 desember 2023, pukul 16.00 majlis sima’an santri resmi ditutup. Selain, membiasakan santri untuk memperbanyak deres hafalannya secara urut dan teratur namun, kegiatan ini dijadikan sebagai sarana berwasilah atas mu’jizat terbesar Nabi Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam, dan diharapkan dapat membawa berkah serta manfaat bagi semuanya.