Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Jumat, 15 Desember 2023

INSPIRATIONAL TALK: SANTRI DAN TANTANGAN MASA DEPAN DI ERA DIGITAL

 




            KAMIS (14/12), PP Qudsiyyah Putri menyelenggarakan acara inspirational talk dengan narasumber Prof.Dr.H.Ihsan,M.Ag dan Dr.Ala’I Nadjib,MA. Acara ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi santri-santri agar mereka bisa meniru tokoh-tokoh, sehingga bisa menjadikannya sebagai motivasi dalam belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya. Acara ini bertempat di musholla PP Qudsiyyah Putri dan dihadiri oleh seluruh santri, diawali dengan pembacaan sholawat asnawiyyah dan qudsiyyah serta pembacaan ayat suci al-qur’an dan dilanjutkan pada inti acara, yakni inspirational talk dengan tema “SANTRI DAN TANTANGAN MASA DEPAN DI ERA DIGITAL”. Acara ini disiarkan langsung di youtube Qudsiyyah Putri TV.

            Sekarang kita hidup di zaman serba digital, semua dapat di akses dengan mudah, namun dengan semua kemajuan itu, kita tidak boleh bergantung sepenuhnya kepada teknologi itu. Apalagi bertanya perihal agama, karena kita tidak tahu siapa yang mengatur jawaban dalam internet itu. “teknologi ibarat pisau bermata dua, jika digunakan baik akan bermanfaat dan sebaliknya jika kita tidak bisa menggunakan dengan baik kita akan celaka,” tutur Ala’i Nadjib. Globalisasi merupakan satu era, satu dinamika zaman yang sudah tidak bisa dibendung lagi, sama halnya dengan era teknologi, teatapi yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan karakter, mental, moral, integritas untuk menyongsong kehadiran teknologi. Karena hari ini orang yang tidak bisa memanfaatkan teknologi berarti dia diposisi fixed mind set (pola piker yang percaya bahwa kecerdasan yang dimililki sifatnya tetap, tidak akan berkembang), stuck, tidak bisa menyambut dengan bahagia datangnya handphone, internet, dan sebagainya.

 “anak-anak madrasah dan pesantren hari ini sudah memanfaatkan dan menyongsong dengan baik teknologi, karena kita punya kaidah المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلح mempetahankan tradisi yang masih baik dan mengambil nilai-nilai yang lebih baik,” ujar Ihsan. Teknologi jangan sampai mempengaruhi kita tapi teknologi ini harus kita manfaatkan untuk kemajuan kita.