Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Selasa, 26 Juli 2022

MATSAMA MTS Qudsiyyah Putri Sebagai Pembuka Awal Tahun Pembelajaran Baru




Kudus-Qudsiyyahputri.com. Awal Tahun pembelajaran baru  MTs Qudsiyyah putri mengadakan kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Kegiatan yang bertempat di Musholla Qudsiyyah Putri ini berlangsung selama tiga hari mulai 19- 21 juli 2022.

Wakil Kepala Kesiswaan, Ibu Istiqomah menuturkan bahwa MATSAMA dilaksanakan guna mengenalkan lingkungan madrasah kepada santri baru.

“Matsama yang diikuti oleh 237 santri baru ini, diadakan untuk mengenalkan lingkungan madrasah kepada santri-santri baru. Supaya santri-santri baru tahu, siapa saja guru yang mengampu disini, mata pelajaran apa saja yang diajarkan, juga apa saja tata tertib yang berlaku di MTs Qudsiyyah Putri,” ujar Bu Isti sapaan akrab beliau.

Diantara materi yang disampaikan selama MATSAMA yaitu Wawasan Wiyata Mandala sekaligus pengenalan Bapak Ibu Guru oleh Kepala Sekolah Bapak Nuruddin, ke-PPQP-an oleh Bapak Isbah Kholili, Tata Tertib Madrasah, Anti Bullying, dan Minat Bakat Santri oleh Ibu Evariska Asriani, Wawasan Kebangsaan oleh Polsek Kudus, Etika Media Sosial oleh Ibu Lailatus Sa’diyah, Aswaja dan Ke-NUan oleh Bapak Sholikhul Hadi, Tata Krama dan Kedisiplinan oleh Bapak Miftakhurrahman.

Salah satu materi yakni Anti Bullying yang disampaikan oleh Ibu Eva dilakukan karena tidak jauh dari santri. Harapannya kepada santri-santri baru agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, juga sebagai dasar mereka dalam belajar di sekolah.

"Niat mencari ilmu dengan sepenuh hati, belajar dengan sungguh-sungguh, jangan putus ditengah jalan,” pesan bu Eva.

Kemudian, pungkasan kegiatan MATSAMA diisi dengan penampilan minat bakat santri-santri baru yang kemudian diambil tiga besar untuk diberi penghargaan.

Amelia Nur Haliza salah satu peserta MATSAMA 2022 merasa senang mengikuti kegiatan matsama.

"Seru tapi capek, semoga matsama tahun depan lebih baik lagi," kesan Amel. 

Dalam kegiatan MATSAMA kali ini terdapat orang-orang yang berperan penting di dalamnya seperti Ibu Istiqomah sebagai ketua, Ibu Chusnus Sholikhan, Ibu Lailatus Sa’diyah, Bapak Rozak dan dan Bapak Khotibul Umam.

 

Reporter : Udkhulul dan Aulia ( Tim Jurnalistik)