Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Rabu, 08 Maret 2023

PEMBACAAN DO’A NISFU SYA’BAN, MANAQIB SYEKH ABDUL QADIR AL-JAELANI DAN HAUL K.H. MA’RUF IRSYAD KE-13



 

Selasa, 7 Maret 2023 bertepatan dengan malam nisfu sya’ban, ponpes Qudsiyyah Putri mengadakan 3 acara sekaligus diantaranya ada pembacaan doa nisfu sya’ban, pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani, dan haul K.H. Ma’ruf Irsyad yang ke-13.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pembacaan do’a nisfu sya’ban kali ini dilaksanakan setelah sholat magrib,  dan pembacaan do’a kali ini bertempat di halaman asrama gedung baru yang telah dipersiapkan oleh  pengurus ISQi. Pembacaan do’a dipimpin langsung oleh Ustadz Isbah Kholili dan diikuti oleh ratusan santri Qudsiyyah Putri. Selain membaca do’a, santri Qudsiyyah Putri juga menjalankan kesunnahan yang lain yakni membaca surah Yasin sebanyak 3 kali, dengan niat yang berbeda-beda.

Pembacaan Yasin yang pertama diniatkan semoga diberi umur yang panjang dan barokah. Pembacaan yasin kedua diniatkan supaya terhindar dari segala musibah dan menolak balak. Pembacaan yasin ketiga diniatkan supaya dilimpahkan rizkinya. Sebelum memulai pembacaan do’a nisfu sya’ban dan pembacaan yasin. Ustadz Isbah Kholili berkata:

“Ada 5 malam yang mustajab dikabulkanya do’a yaitu:

1. Malam Jum’at

2. Malam pertama bulan Rajab

3. Malam Nisfu Sya’ban

4. Malam Idul Fitri

5. Malam Idul Adha”

Selesai pembacaan do’a nisfu sya’ban dan surah Yasin, semua santri sholat Isya’ berjama’ah di musholla. Setelah sholat para santri kembali ke halaman untuk melaksanakan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani.

Bulan lalu,  sebagian santri Qudsiyyah Putri telah mendapat ijazah Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani langsung dari Kyai Fathur Rohman.

Pembacaan Manaqib tersebut juga dipimpin langsung oleh Ustadz Isbah Kholili, kemudian dilanjutkan  pembacaan tahlil untuk memperingati haul K.H. Ma’ruf Irsyad ke-13.  Dan dilanjutkan dengan makan ingkung bersama.