Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Rabu, 14 Juni 2023

Majelis Simaan Santri Menjelang Liburan




 

        KUDUS-Qudsiyyahputri.com. Dewan Pembina program tahfidz Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri mengaktifkan majelis tasmi’ atau simaan santri, yang sudah menjadi tradisi santri Ponpes Qudsiyyah Putri   program tahfidz saat menjelang liburan semester ganjil maupun liburan kenaikan kelas, pada Senin-Selasa, 12-13 Juni 2023, majelis sima’an dimeriahkan oleh santri tahfidz sebanyak ±212 santri.

            Majelis dibuka oleh Pengasuh Ponpes Qudsiyyah Putri sekaligus sambutan pada Senin siang, (12/06/2023). Yang berlokasi di Aula Lantai 4 Gedung Ponpes Qudsiyyah Putri. Pembukaan diawali dengan pembacaan Surat Al-Fatihah kemudian pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan disusul dengan pembacaan Sholawat Asnawiyyah dan Qudsiyyah bersama. “Kegiatan tasmi’ ini tujuannya tak lain adalah agar santri-santri program tahfidz terbiasa muroja’ah hafalan dan muroja’ahnya ini harus dengan tartil dan sesuai kaidah ilmu tajwid,” ujar ustadz Isbah Kholili dalam sambutannya.

            Majelis tasmi’ diadakan secara berkelompok yang terdiri dari 3 santri, dengan ketentuan 1 santri sebagai qori’ dan 2 santri lainnya sebagai penyimak. Santri yang menjadi qori’ harus membacakan hafalan yang telah ia punya secara bil ghoib didepan penyimaknya masing-masing. Syarat hafalan yang dibacakan yakni minimal 3 juz dan tidak ada batasan maksimalnya. Lokasi yang digunakan yakni Aula Lantai 4 dan beberapa kamar Gedung Lantai 1 yang telah dipersiapkan.

            Para peserta tasmi’ menyiapkan diri jauh-jauh hari sebelum majelis tasmi’ ini diadakan. Guna memaksimalkan hafalan Al-Qur’an mereka yang akan dibacakan secara bil ghoib pada saat majelis tasmi’ ini berlangsung. “Pertama kali mengikuti tasmi’, saya merasa pesimis sebelum mencobanya. Mungkin karena takut kalau nantinya tidak bisa. Apalagi saat tibanya hari tasmi’ berlangsung, saya merasa deg-degan dan nerves tentunya. Karena baru pertama kali ngaji sambil megang mix. Kemudian seiring berjalannya waktu, ketika diadakan majelis tasmi’ lagi saya tidak terlalu nerves dan sudah merasa biasa saja. Majelis tasmi’ ini baik untuk melatih diri agar hafalan Al-Qur’an santri tetap terjaga,” begitulah perasaan Nur Maziyyah, salah satu peserta tasmi’ dari kelas 4 Tahfidz B.

            Majlis sima’an berakhir pada Selasa sore, (13/06/2023). Acara diawali dengan prosesi khataman Al-Qur’an yang kemudian dilanjut dengan sambutan beserta penutupan majelis oleh Pengasuh Ponpes Qudsiyyah Putri.