Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Minggu, 20 Agustus 2023

LDJ Qudsiyyah Putri 2023 Bersinergi Membangun Jurnalis Santri

 

Peserta LDJ 2023 sedang focus group discussion tentang essai dan opini. (Sabtu, 19 Agustus 2023)


Peserta LDJ 2023 foto bersama pemateri menulis esai dan opini Bapak Rosidi (Sabtu, 19 Agustus 2023)


Persatuan Pelajar Qudsiyyah Putri (PPQP) menyelenggarakan Latihan Dasar Jurnalistik (LDJ), Sabtu – Ahad (19-20/8/2023). LDJ yang dilangsungkan di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) itu diikuti sebanyak 25 peserta.

Pada kesempatan itu, para peserta diberi bekal materi antara lain news anchor, penulisan esai dan opini serta pengelolaan media online. Sedang narasumber yang dihadirkan yaitu Ummi Zakiyyatun Nafis dan Rosidi (Suaranahdliyin.com) serta Abdul Arif (Babad.id).

Afsana Maulida, guru pendamping, menyampaikan, bahwa LDJ ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan tentang literasi kepada peserta didik (santriyah), sehingga bisa bisa ikut berkontribusi dalam berbagi informasi dan pengetahuan di era teknologi digital.

“Era digital dengan kecepatan informasi yang luar biasa, ini tidak hanya ada konten-konten positif, tetapi banyak juga konten sampah berkeliaran. Maka pemberian wawasan literasi yang baik, bisa menjadi filter bagi anak-anak agar tidak termakan berita-berita atau informasi negatif dan hoaks,” katanya.

Rona Rihadatul Ais salah satu perserta LDJ merasa program ini bagus dan sangat efektif untuk meningkatkan bakat santri bidang tulis menulis. 

“ Menurut saya kegiatan ini bagus dan menyenangkan karena pemateri menyampaikan menggunakan cara praktik dan foccud groub discusition (FGD) dilanjut presentasi. Saya juga baru mengetahui kalau di news anchor ada berbagai jenis suara voice over pada saat mengisi suara berita” ujar santri kelas XI IPS 2. 

Sementara itu, selama pelatihan, para peserta pun sangat antusias dan semangat. Apalagi, anak-anak tidak sekadar diberi materi, tetapi diajak langsung untuk menganalisis berbagai isu Bersama kelompok dan kemudian presentasikan.