Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Senin, 18 Maret 2024

BULAN PENUH BERKAH, PONPES QUDSIYYAH PUTRI ADAKAN BALAGH RAMADLAN


Kudus, tepat pada bulan Ramadlan ponpes Qudsiyyah Putri adakan kegiatan rutinan Balagh Ramadlan. Dinamakan Balagh Ramadlan karena berasal dari kata “بلغ” yang artinya “sampai”, maksudnya telah sampailah bulan suci Ramadlan. Guna menyambut Ramadlan kali ini, kegiatan Balagh Ramadlan berisi ngaji maknani posonan. Ngaji posonan ini dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas Ula dan kelas Wustho. Kelas Ula terdiri dari santri kelas 1 dan 2, sedangkan kelas Wustho terdiri santri kelas 3 sampai kelas 6. Kegiatan ini berlangsung setiap hari setelah darusan Al-Qur’an sekitar pukul 21:00-21:30 WIB. Bagi kelas Wustho mendapat tambahan ngaji khusus pada Jumu’ah pukul 08:00-10:00 WIB.


Balagh Ramadlan diterapkan untuk menyambut keberkahan bulan suci Ramadlan serta mengisi waktu luang santri dengan kegiatan yang lebih efektif dan positif. Tempat yang digunakan ngaji posonan kelas Ula berada di Aula lantai 4 gedung asrama ponpes Qudsiyyah Putri, sedangkan kelas Wustho bertempat di Musholla Qudsiyyah Putri.


Kitab posonan yang digunakan setiap kelas berbeda-beda, begitupun setiap harinya. Bagi yang mengaji di Musholla, pada malam Sabtu kitab yang digunakan adalah أداب العالم والمتعلم yang diajarkan oleh Bu Nyai Nailin Nafisah, malam Ahad رسالة آهل السنة والجماعة yang diajar oleh Bapak H. Sholikhul Hadi, malam Senin  فتح القريبyang diajar Bapak Muhammad Thoriq, malam Selasa المجالس السنية diajar oleh Bapak Miftakhur Rohman, malam Rabu تفسير الجلالين diajar oleh Bapak H. Sholikhul Hadi, malam Kamis منهاج المتعلم yang diajar oleh Bapak Kyai Muhammad Isbah Kholili, kemudian akan dilanjut pada Jumu’ah pagi.


Begitupun dengan kelas Ula, kitab yang digunakan juga berbeda beda. Yakni, pada malam Sabtu kitab yang digunakan بلوغ المرام yang diajar Bapak Miftakhur Rohman, malam Ahad وصايا الاباء للابناء diajar Bu Nyai Nailin Nafisah, malam Senin تفسير الجلالين diajar Bapak H. Sholikhul Hadi, malam Selasa نور الظلام diajar Bapak H. Sholikhul Hadi, malam Rabu خلاصة نور اليقين diajar Bapak Kyai Isbah Kholili, malam Kamis متن سفينة النجاة diajar Bapak Muhammad Thoriq.


Harapannya, dengan adanya kajian Balagh Ramadlan semua santri dapat menjalankan ibadah puasa Ramadlan dengan penuh semangat, hati yang ikhlas dengan tekad yang kuat.