Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Sabtu, 10 Februari 2024

PENTINGNYA MENJALANKAN SHOLAT 5 WAKTU

 

 

Pondok Pesantren Qudsiyyah Putri memperingati Isra’ Mi’raj dengan mengadakan pengajian yang diselenggarakan tepat pada malam Jum’at tanggal 8 februari 2024 yang diawali dengan lantunan sholawat oleh grup rebana Mimil Mubarok Qudsiyyah Putri dan dikuti oleh seluruh santri, guru, dan karyawan Ponpes Qudsiyyah Putri dengan khidmat.

    Isra’ Mi’raj sendiri ialah peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW. mendapat perintah untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Isra’ Mi’raj merupakan 2 peristiwa yang berbeda. Isra’ adalah Nabi Muhammad diberangkatkan oleh Allah SWT. dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa, dan Mi’raj adalah Nabi Muhammad dinaikkan kelangit 7 sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakn tempat tertinggi. Disini Nabi Muhammad mendapat perintah langsung dari Allah SWT. Untuk menunaikan sholat 5 waktu.

      Dengan kejadian tersebut semua santri tidak boleh meninggalkan sholat 5 waktu, karena perjuangan Nabi Muhammad SAW. untuk mendapatkam keringanan yang awalnya 50 waktu menjadi 5 waktu agar umatnya tidak terbebani dalam menjalankannya.

         Sholat 5 waktu merupakan kewajiban bagi setiap umat islam yang telah baligh dan berakal. Selain menjadi kewajiban sehari-hari, sholat 5 waktu juga mengandung keutamaan yang bernilai istimewa diantaranya dapat membersihkan diri dan meluruhkan dosa yang dimiliki. Tak hanya itu saja sholat 5 waktu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar, mendapat cahaya dan petunjuk dihari kiamat, diangkat derajatnya oleh Allah SWT. serta membuat hati menjadi tenang. Asalkan mempunyai niat yang baik dan dapat menjalaknnya dengan tuma’ninah. Seseorang yang meninggalkan sholat 5 waktu, berarti ia telah meruntuhkan keagamaannya sendiri

     Seusai acara semua santri berbaris untuk mengambil hidangan yang telah disediakan yaitu semangkok bakso, sambil menunggu antrian semua santri menyimak pengumuman pemenang lomba ghurfah meeting yang telah diselenggarakan 2 hari yang lalu.

        Dengan adanya peringatan Isra’ Mi’raj ini, bisa jadi bahan evaluasi untuk para santri agar dapat menjalankan sholat 5 waktu dengan tuma’ninah dan diiringi dengan sholat sunnah rawatib serta sholat sunnah lainnya.