Melahirkan Putri Sholihah, Salaf, dan Mandiri

Rabu, 02 Februari 2022

ASAL USUL BULAN RAJAB


Bulan Rajab adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wata'ala. Bulan Rajab juga biasa disebut bulan Rohmat, Barokah, dan bulan ketenangan. Bulan Rajab bertambah mulia karena di bulan itu terjadi peristiwa agung yaitu isro' mi'roj Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Belas kasih nabi kepada ummatnya juga terjadi di bulan Rajab, karena ketika isro' mi'roj itu nabi memintakan keringanan kewajiban sholat 50 waktu menjadi 5 saja.

Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh dalam urutan tahun hijriyyah. Bulan Rajab adalah satu dari empat asyhurul hurum yang Allah khususkan penyebutannya dalam Al Qur'an. Di bulan-bulan mulia itu bangsa Arab tidak mengadakan peperangan dan meninggalkan kedholiman guna menghormati bulan tersebut. 
Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wata'ala :

«إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ»،  سورة التوبة:36

Bulan Rajab juga biasanya disambung dengan nama 'al ashom', yang tuli. Karena dalam bulan ini tidak didengungkan peperangan dan tidak didengar suara pedang. Rajab artinya adalah yang agung, karena orang arab mengagungkan bulan tersebut. Namun ada juga yang berpendapat bahwa disebut Rajab karena para Malaikat mengagungkan bulan tersebut dengan membaca tasbih dan tahmid. Wallahu A'lam.